Sebagai orang awan sering kita mendapati email error pada saat mengirim email, dengan bahasa error yang kurang bisa dipahami oleh kita, berikut adalah beberapa error email yang sering terjadi dan disertai cara penanganannya untuk anda;
Error:
1
The mail system <penerima@gmail.com>:
host alt1.gmail-smtp-in.l.google.com[74.125.45.27] said:
550-5.7.1 [203.19.4.83] Our system has detected... (in reply to end of DATA command)
550-5.7.1 [203.19.4.83] Our system has detected... (in reply to end of DATA command)
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim jika
mail server pengirim terindikasi sebagai penyebar spam. Atau mail server
pengirim terdeteksi oleh DNS blacklist.
Solusi:
- Kontak sysadmin mail server pengirim dengan menyertakan pesan error yang diterima.
Error:
2
The server was not able to deliver your email
message to the following addresses: <bonnie@eastcoind.com.hk> (smtp.indo.net.id:
Cannot connect to remote host)
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena
mail server pengirim tidak dapat terhubung ke mail server penerima, biasanya
disebabkan oleh koneksi internet mail server pengirim terputus atau mail server
penerima tidak aktif.
Solusi:
- Cek koneksi jaringan.
- Cek koneksi ke server penerima dengan perintah ping dan telnet.
- Kontak sysadmin mail server pengirim dengan menyertakan pesan error yang diterima.
Error:
3
The server was not able to deliver your email
message to the following addresses: <'its.ybj@toserbayogya.com'>
(mxcorp1.bogor.net: Host not found)
- atau -
- atau -
<'cvtanahbarusaranaprima@yahoo.com'>
(smtp.indo.net.id: 501 5.1.3 Bad recipient address syntax)
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena
mail server pengirim tidak menemukan mail server penerima, biasanya disebabkan
oleh nama domain tidak terdaftar di internet atau kesalahan penulisan alamat
email penerima (seperti contoh di atas yang menggunakan tanda kutip satu ‘ ).
Solusi:
- Cek keberadaan server penerima dengan perintah ping dan telnet.
- Informasikan kepada pengirim mengenai kesalahan penulisan.
Error:
4
The mail system <dhi68@yahoo.com>: host
mta6.am0.yahoodns.net[209.191.88.254] said: 554 delivery error: This user
doesn't have a yahoo.com account (dhi68@yahoo.com) [-5] -
mta1064.mail.mud.yahoo.com (in reply to end of DATA command)
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena alamat
email penerima tidak terdaftar di mail server penerima. Biasanya disebabkan
oleh kesalahan penulisan atau karena alamat email tersebut sudah tidak aktif.
Solusi:
- Informasikan kepada pengirim mengenai status alamat email penerima.
Error:
5
The server was not able to deliver your email
message to the following addresses:
<atgrose@gmail.com> (smtp.indo.net.id: 451 4.7.1 <isb@isbogor.org>:> Sender address rejected: "Send Later")
<atgrose@gmail.com> (smtp.indo.net.id: 451 4.7.1 <isb@isbogor.org>:> Sender address rejected: "Send Later")
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena
alamat email pengirim terindikasi sebagai penyebar spam dan/atau telah
di-reject oleh mail server pengirim atau mail server penerima. Pada contoh di
atas alamat isb@isbogor.org sebagai alamat email pengirim yang di-reject oleh
mail server.
Solusi:
- Informasikan kepada pengirim mengenai status alamat email-nya.
- Konfirmasikan bahwa komputer yang menggunakan alamat email tersebut bersih dari virus.
- Informasikan kepada pengirim untuk mengganti password emailnya segera.
Error:
6
WARNING: More than 90% of email storage space
used - atau - User quota exceeded.
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena mailbox
pengirim terindikasi hampir penuh, sehingga mail server memberikan warning bahwa
mailbox pengirim dan/atau penerima telah penuh, sehingga tidak dapat mengirim
atau menerima email menggunakan IMAP ataupun Webmail.
Solusi:
- Informasikan kepada pengirim mengenai status kuota mailbox email-nya.
- Informasikan untuk menghapus beberapa email yang terdapat di webmailbox folder seperti: INBOX, Sent Items, Spam/Junk dan Trash.
- Kontak sysadmin mail server pengirim dengan menyertakan pesan error yang diterima.
Error:
7
The server was not able to deliver your email
message to the following addresses: <sri@sahabatunggul.com>
(mx10.mailspamprotection.com: 550 Sender has no A, AAAA, or MX DNS records.
mxcorp1.bogor.net emerald.co.id )
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena
alamat domain penerima tidak memiliki standar DNS record, seperti: MX record, A
record. Biasanya disebabkan oleh DNS server domain tersebut tidak aktif atau
karena hal lain yang menyebabkan tidak dapat resolv-nya DNS record di internet.
Solusi:
- Cek status
domain dan konfigurasi DNS record mail server penerima menggunakan online
tools:
centralops.net - Informasikan kepada pengirim mengenai status domain alamat email penerima.
- Kontak sysadmin mail server pengirim dengan menyertakan pesan error yang diterima.
Error:
8
The following recipient(s) could not be
reached:
550 5.7.1 Relaying to <Paivi.Fils@stockmann.com> denied (authentication required)
550 5.7.1 Relaying to <Paivi.Fils@stockmann.com> denied (authentication required)
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena
mail server membutuhkan otentifikasi pengguna untuk mengirimkan email tersebut
yaitu: username dan password yang terdaftar di mail server. Hal ini dikarenakan
mail client pengirim tidak disetting menggunakan otentifikasi pada Outgoing
server SMTP-nya.
Solusi:
- Cek konfigurasi mail client pada pengguna dan pastikan otentifikasi pada Outgoing server SMTP-nya aktif dan/atau terisi dengan username/password yang benar.
- Jika gagal menggunakan port standar (port 25), maka ganti menggunakan port submission (port 587) pada outgoing port-nya.
Error:
9
The server was not able to deliver your email
message to the following addresses: <mbogdziewicz@lpp.com.pl>
(mx1.lpp.com.pl: No greeting from remote host)
Uraian:
Pesan tersebut diterima oleh pengirim karena
mail server penerima masuk dalam DNS Blacklist.
Solusi:
- Cek status
alamat email dan status mail server penerima menggunakan online tools:
centralops.net dan mxtoolbox.com - Informasikan kepada pengirim mengenai status domain alamat email atau mail server penerima yang terkena blacklist.
- Jika alamat email tersebut adalah valid dan dikehendaki oleh pengirim, maka masukkan kedalam daftar whitelist alamat email dan/atau mail server dan/atau domain penerima di mail server.
- Kontak sysadmin mail server pengirim dengan menyertakan pesan error yang diterima.
.:: Semoga bermanfaat ::.
sama2 Pak